Total Tayangan Halaman

Rabu, 24 November 2010

NATURAL DYES

Natural dyes atau bahasa indonesianya warna alam merupakan pewarna yang diperoleh dari bahan bahan alam, baik itu flora maupun fauna. Di alam banyak tersedia pewarna alami yang dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk aktifitas pewarnaan kain, kain disini pada umunya dalam bentuk setengah jadi yaitu masih kain putih (morri), tidak semua morri dapat diwarna dengan menggunakan pewarna alam karena bahan dasar morri tersebut, hanya yang terbuat dari natural fibres dan serat protein (protein fibres). Contoh natural fibres adalah kapas, jute, rami dan sejenisnya. Untuk serat protein adalah serat sutera.
Sebelum pewarna kimia ditemukan, sudah sangat familier bagi para pewarna di Indonesia menggunakan pewarna alam seperti; nila, akar pace, daun jati dan sebagainya. Mereka sangat mandiri di dalam bidang pewarna, memang butuh waktu dan teknik yang lebih rumit untuk mendapatkan warna yang bagus tetapi semua itu tidak mengusik keseimbangan alam. Bahkan Indonesia menjadi salah satu exporter besar di warna Biru (nila/indigo). Penjajah Belanda memanfaatkan betul lahan lahan di Indonesia untuk menanam nila dan hasilnya di export ke Eropa. Bahkan warna biru dari Indonesia merupakan yang terbaik di dunia.
Kemandirian dibidang pewarna memang pernah kita rasakan, akan tetapi untuk kemandirian kain morri nya mungkin sebagian daerah yang menghasilkan kapas dapat mandiri tetapi yang tidak bisa menghasilkan kapas maka kebutuhan kain sangat tergantung pada perusahaan Belanda penghasil morri. Memang hasil pemintalan dan tenun dari perusahaan Belanda lebih bagus dan halus karena ditunjang oleh teknologi yang maju.
Setelah kemerdekaan program kemandirian di bidang morri pernah digalakkan tetapi sayang cuma dalam hal pemintalan dan pertenunan. Disisi lain untuk kemandirian dibidang penanaman kapas belum serius digalakkan. Ini pekerjaan rumah pemerintah kita untuk mengembangkan pertanian kapas kalau ingin negara ini mandiri dibidang textile sehingga kebutuhan sandang rakyat Indonesia akan terpenuhi dengan harga terjangkau. Really hope for that dream.

Thanks.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar